Rabu, 18 Januari 2012

Perbedaan dan Persamaan Ideologi Pancasila, Sosialisme, dan Liberalisme


Di dunia , terdapat 2 ideologi yang terkenal , yaitu ideology Liberalisme dan ideology  Sosialisme . Apakah kalian tahu , Negara apa sajakah myang menganut ideology Liberalisme dan ideology Sosialisme ?
Negara yang menganut ideology Liberalisme adalah Negara – Negara bagian Barat seperti , Amerika serikat dan Negara – Negara Eropa seperti , Inggris , Belanda , Spanyol , Italia dll .
Sedangkan , Negara yang menganut ideology Sosialisme adalah Uni Soviet ( sekarang Rusia ) , Cina , Korea Utara , Vietnam .
Sekarang , kita akan membahas perbedaan pokok antara ideology Liberalisme dan Sosialisme . Adapun perbedaan pokok tersebut adalah .

Ideologi Liberalisme
o    Negara sebagai penjaga malam . Rakyat atau warganya mempunyai kebebasan untuk berbuat atau bertindak apa saja asal tidak melanggar tertib hukum .
o   Kepentingan dan hak warganegara lebih diutamakan daripada kepentingan Negara . Negara didirikan untuk menjamin kebebasan dan kepentingan warga Negara.
o   Negara tidak mencampuri urusan agama . Agama menjadi urusan pribadi setiap warganegaranya . Negara terpisah dengan agama . Warganegara bebas beragama , tetapi bebas juga tidak beragama.
Ideologi Sosialisme
o   Mementingkan kekuasaan dan kepentingan Negara
o   Kepentingan Negara lebih diutamakan daripada kepentingan warga Negara . Kebebasan atau kepentingan warganegara dikalahkan untuk kepentingan Negara .

o   Kehidupan agama juga terpisah dengan Negara . warganegara bebas beragama , bebas tidak beragama dan bebas pula untuk propaganda anti-agama .

Persamaan ideology Liberalisme , Sosialisme dan Pancasila
o   Persamaan antara ideology Liberalisme , Sosialisme dan Pancasila adalah ketiga ideology itu digunakan sebagai ideology atau dasar Negara .
Perbedaan Ideology Liberalisme , Sosalisme  dan Pancasila .
a.                   Dalam Hubungan agama dengan ideologi
ü  Padda Negara Liberal , Negara tidak mencampuri urusan agama . Warganegara bebas bebas beragama dan bebas juga tidak beragama .
ü  Pada Negara sosialis , kehidupan negara terpisah juga dengan agama . Warganegara bebas 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar